Yang Mama Perlu Tahu Tentang Corona

Bagaimana pencegahan agar Ibu dan Bayi tidak terkena infeksi COVID-19?

Ibu hamil termasuk dalam golongan yang rentan terkena infeksi COVID-19 karena daya tahan tubuh yang lebih rendah pada saat hamil. Pencegahan infeksi virus corona dari ibu hamil ke janin, mengikuti saran umum yang sudah ada, yaitu menghindari tempat keramaian, rajin mencuci tangan, mengonsumsi vitamin hamil, makanan bergizi seimbang dan susu.

Amankah untuk mengkonsumsi jamu yang terdiri dari jahe dan temulawak?

Kandungan kunyit, jahe, sereh dan temulawak aman untuk kehamilan, akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah cara pembuatannya, pastikan higienis dan bersih. Sebaiknya Ibu mencari produksi jamu yang sudah disertifikasi BPOM.

Apakah Ibu hamil perlu menggunakan masker?

Sesuai anjuran WHO, semua orang saat ini perlu menggunakan masker. Jika sehat menggunakan masker kain dan jika memiliki kondisi medis tertentu atau tidak dapat melakukan physical distancing/jaga jarak maka perlu menggunakan masker medis.

Apakah Ibu hamil boleh mendapatkan imunisasi influenza?

Imunisasi influenza tidak diperbolehkan pada ibu hamil oleh karena dapat menimbulkan komplikasi yang serius. Bila ingin imunisasi influenza, Ibu dapat melakukannya sebelum hamil.




Apakah perlu menunda imunisasi bagi anak-anak?

Imunisasi perlu tetap diberikan pada anak-anak agar anak-anak terlindung dari penyakit berbahaya dan mematikan lain selain dari COVID-19.




Bagaimana agar anak-anak tidak tertular virus corona?

Anak-anak termasuk di dalam golongan yang dapat terkena infeksi. Agar tidak tertular infeksi COVID-19, anak-anak perlu tetap berkegiatan di rumah dan tidak dibawa keluar jalan-jalan ke tempat-tempat penuh keramaian seperti taman, pusat perbelanjaan, pusat rekreasi, penitipan anak, kursus, dan sebagainya. Anak-anak tetap harus diajarkan untuk mencuci tangan dengan baik, makan makanan bergizi, dan beristirahat yang cukup.

Apakah anak-anak perlu menggunakan masker?

Sebagaimana yang disebutkan oleh WHO, anak-anak termasuk dalam populasi yang sulit untuk menggunakan masker dengan baik, karena mudah merasa tidak nyaman atau dapat menjadi sering disentuh, atau kurang patuh. Sehingga, anak-anak sebaiknya tetap ada di rumah, tidak mengunjungi keramaian, dan rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan.

Jadi bagaimana jika anak-anak harus keluar rumah?

Anak harus selalu didampingi oleh orang tua atau pengasuhnya, menjaga jarak fisik dengan orang lain sejauh 2 meter, dan menggunakan masker. Karena kesulitan untuk penggunaan masker pada anak-anak usia 2-18 tahun, maka anak-anak dapat menggunakan face shield.

Bagaimana agar Calon Bayi dalam kandungan dapat tetap sehat terhindar dari infeksi COVID-19?

Hingga saat ini, belum ada bukti penularan virus corona (SARS-CoV-2) dari ibu. Secara umum, agar bayi terhindar dari virus corona, ibunya harus sehat. Sebaiknya ibu menghindari tempat keramaian, rajin mencuci tangan, konsumsi vitamin hamil, makanan bergizi seimbang dan susu.